Sekaten di Kolsani

Photo: Heri Setyawan, SJ
Photo: Heri Setyawan, SJ

Perayaan Puncak Hari Ulang Tahun Kolese St. Ignatius (Kolsani) ke-90 dirayakan dengan menyelenggarakan ekaristi dan ramah tamah sederhana pada Kamis, 31 Oktober 2013. Inilah agenda acara terakhir dalam rangka Peringatan 90 Tahun Kolsani. Perayaan  Puncak Kolsani HUT ke-90 diselenggarakan berbarengan dengan acara tahunan Serikat Yesus se-Provinsi yaitu Pesta Jubilem para Romo dan Bruder serta Promosi Panggilan.

Perayaan puncak dibuka dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Bapak Uskup Julianus Sunarka, SJ selaku Uskup Keuskupan Purwokerto, Bapak Kardinal Julius Darmaatmadja, SJ, Romo Fl. Hasto Rosariyanto, SJ serta Romo Robertus Bellarminus Riyo Mursanto, SJ. Ekaristi ini diselenggarakan di Gereja St. Antonius Kotabaru. Gereja Kotabaru dipenuhi oleh umat, tamu-tamu undangan, dan juga anggota Serikat Yesus dari kota-kota terdekat. Lima belas menit sebelum ekaristi dimulai, umat yang datang disajikan pemutaran film sederhana tentang perjalanan 90 Tahun Kolsani di Yogyakarta. Perayaan ekaristi kali ini disusun dengan cara yang berbeda oleh tim liturgi Kolsani, sebanyak tiga narasi dan ilustrasi pendek mengenai perkembangan Kolsani dari tahun 1923 hingga 2013 dikemas apik melalui slide show sederhana serta pertunjukkan teater oleh rekan-rekan Christian Life Community (CLC) dan MAGIS. Selain itu, tentu saja ekaristi juga melibatkan rekan-rekan pemudi sebagai tim penari untuk tarian pembuka da juga persembahan.

Photo: Hari Setyawan SJ
Photo: Heri Setyawan SJ

Setelah perayaan Ekaristi, seluruh umat yang hadir diundang untuk masuk menuju Kolsani melalui pintu I Dewa Nyoman Oka. Kelompok musik angklung dari Badran berdiri di depan pintu guna menyambut kehadiran umat. Tak lupa, souvenir tas dibagikan kepada seluruh umat yang datang. Souvenir tas sederhana yang masing-masing berisi sebuah buku seri IHS diberikan kepada setiap umat. Sebagai pembuka, umat diajak untuk menikmati film pendek berjudul “The Duwet Gedhe” yang merupakan pemenang pertama dalam Lomba Film Pendek HUT ke-90 Kolsani. Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan Didik Ninik Thowok. Beliau membawakan tarian berjudul Tari Perwitasari yang mampu mengundang gelak tawa dari seluruh hadirin, tak terkecuali Bapak Uskup Julianus Sunarka, SJ. Suasana malam itu makin meriah dengan  tampilan “dagelan” oleh Didik Ninik Thowok yang berpasangan dengan Alit Jabangbayi (MC). Kemeriahan pesta tak berhenti sampai di situ, hadirin masih disuguhkan pula dengan penampilan group band pemenang Lomba Cipta Lagu HUT ke-90 Kolsani. Mereka menampilkan lagu ciptaan mereka kepada para hadirin yang datang. Hiburan juga datang dari Para Frater CSsR dan kelompoknya, serta Group dangdut SMA De Britto. Hadirin yang datang tak terhitung jumlahnya. Mereka tampak sangat menikmati suguhan hiburan dan tentu saja semua hidangan yang telah yang disiapkan oleh panitia. Seluruh agenda kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kolsani ke-90 telah dilaksanakan. Semoga ke depannya, Kolese St. Ignatius semakin lebih baik dalam peran dan keterlibatannya bagi Gereja dan masyarakat! (Renatyas Fajar)