Kunjungan Mitra Inigo

Hari ini, Sabtu (28/9), Kolsani mendapat kunjungan dari komunitas Mitra Inigo, Jakarta. Komunitas ini, di bawah pendampingan Rm. Hendra Sutedja, SJ, sedang berkeliling Jawa Tengah untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah dalam misi dan perkembangan Gereja Indonesia. 

Kolsani menjadi salah satu tujuan, sebagai saksi bisu perkembangan dan dinamika misi Gereja Katolik di Jawa Tengah pada khususnya, juga Indonesia pada umumnya. Rm. Bernard Kieser, SJ yang hari ini merayakan ulang tahun ke-81, memandu 28 orang yang datang berkeliling Kolsani, melihat-lihat bagian-bagian rumah Kolsani dan kemudian mendapatkan paparan mengenai sejarah Kolsani di Ruang Rekreasi Fratres. 

Gedung Kolese St. Ignatius yang diresmikan pada 18 Februari 1923 semula adalah rumah pembinaan awal para Jesuit, yaitu Novisiat (masa untuk belajar kerohanian) dan Yuniorat (masa untuk belajar bahasa Latin, Yunani, Jawa, sejarah, dan kemahiran berbicara). Di Masa Perang Dunia II, Kolsani pernah dijadikan interniran para perempuan Belanda dan juga kantor Jepang.

Setelah dari Kolsani, para tamu ini akan melanjutkan perjalanan ke Taman Doa Bunda Maria Pelindung di kompleks makam Rm. JB. Prennthaler di Kulon Progo, kemudian ke Gua Maria Tritis di Wonosari. Dari mengunjungi tempat-tempat ikonik Katolik di sekitar Yogyakarta, mereka akan melanjutkan perjalanan ke Muntilan, Magelang dan Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *