MISA HUT PERKAWINAN BULAN MEI 2020

IKUTILAH MISA HUT PERKAWINAN BULAN MEI 2020
Dengan Tema “THE WORLD OF A BLESSED MARRIAGE”

HIDUP BERKELUARGA merupakan sarana yang indah untuk mewujudan cinta kasih. Di sanalah, Allah yang empunya cinta mau terlibat dalam hidup manusia, yakni dalam segala dinamika dan perjuangan hidupnya. Oleh karena itu, kesungguhan manusia membina hidup berkeluarga dimaknai sebagai bentuk tanggapan atas rahmat dan kasih Allah.

Gereja sendiri memaknai perkawinan sebagai sarana yang menyatukan laki-laki dan perempuan dalam komitmen untuk:
(1) membangun persekutuan seluruh hidup (kesejahteraan suami-isteri);
(2) meneruskan generasi manusia (prokreasi);
(3) sungguh memperhatikan pendidikan anak.
Maka dari itu, ada tuntutan dan tanggungjawab yang mesti diperhatikan dan diusahakan oleh pasangan suami-istri dan juga anak-anak mereka.

Secara khusus, pendidikan anak dimengerti secara luas, yaitu: memperhatikan pengembangan kehidupannya secara menyeluruh meliputi fisik, mental, rohani, dan juga sosial. Pada titik ini, orang tua perlu menyadari adanya tuntutan dan tanggungjawab ke luar yang bersinggungan dengan realitas sosial masyarakat sekitar.

Hari-hari ini, pandemi Covid-19 ternyata telah mengubah banyak hal dalam hidup kita. Ada perubahan ritme hidup harian, tuntutan dan cara menjalani pekerjaan, cara bersosialisasi dan membangun relasi, bahkan juga pada praktik-praktik penghayatan iman. Tantangan hidup sebagai keluarga di tengah pandemi pun menjadi kompleks, membutuhkan banyak kompromi, juga adaptasi yang cepat.

Dua pertanyaan reflektif dalam kaitannya dengan hidup berkeluarga di tengah pandemi berikut kiranya baik untuk direnungkan:
(1) Bagaimana aku sebagai orang tua atau anak merefleksikan pengalaman-pengalaman mengelola segala bentuk pergulatan dan tantangan hidup berkeluarga di masa pandemi ini?
(2) Sebagai umat beriman, apakah pengalaman-pengalaman itu semakin memperdalam penghayatan imanku, sehingga aku semakin terlibat mengusahaan nilai-nilai kemanusiaan/solidaritas di tengah pandemi?

Dalam kesadaran itulah, kami Jesuit Insight bekerja sama dengan Inspire Group (Domus Cordis) dan Komsos Gereja Theresia Menteng mengadakan TRIDUUM KELUARGA

Triduum keluarga ini mengambil tema “THE WORLD OF A BLESSED MARRIAGE” bersama Rm. Alexius Andang Listya Binawan, SJ. Triduum ini diselenggarakan pada selama 3 hari, sejak hari Kamis (28/5), Jumat (29/5) dan Sabtu (30/5).

1). TRIDUUM HARI PERTAMA
28 Mei 2020 | Pk 17.00 WIB
“Pengharapan Keluarga di tengah Pandemik”
ditemani Alissa Wahid dan Donna Agnesia dalam J-Live (Jesuit Insight Live Streaming)

2). TRIDUUM HARI KEDUA
29 Mei 2020 | 17.15 WIB
“ISTI: Ikatan Suami TELADAN Istri”
bersama Violison Martheo (pembicara “Stop Nonton Bokep!” dan pengajar Teologi Tubuh)

3). TRIDUUM HARI KETIGA
30 Mei 2020 | Pk 17.15 WIB
“Istri: Penolong atau Pembantu”
bersama dr. Lucia Luliana, SpKFR (pengajar Teologi Tubuh)

4). PUNCAK ACARA
Misa HUT Perkawinan dan Pembaruan Janji Pernikahan Pasutri di bulan Mei, pukul 18.00 WIB dirayakan oleh Romo A. Andang L. Binawan, SJ, Romo Y. Subagyo, Pr dan Romo Dedomau da Gomez, SJ.

Ikutilah seluruh rangkaian kegiatan triduum ini melalui fasilitas live streaming di kanal YouTube berikut ini:

http://s.id/jesuitinsight-youtube
http://s.id/inspiregroupdc
http://s.id/KomsosTheresiaJakarta

Klik juga SUBSCRIBE (GRATIS). BAGIKAN INFO INI kepada para pasutri dan calon pasutri.

Terima kasih, Tuhan memberkati Anda sekeluarga.

#dirumahaja #yesuit #jesuitinsight

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *