Visi dan Misi

Komunitas Kolese St. Ignatius ingin menciptakan tata hidup sedemikian rupa sehingga para penghuninya benar-benar menjadi peserta yang menyiagakan diri untuk dianugerahi keakraban dengan Tuhan, dan karena itu dapat menemukan Tuhan di dalam segala dan segala di dalam Tuhan. Itulah spiritualitas dasar yang dihidupi oleh penghuni Komunitas Kolese St. Ignatius.

Dalam mewujudkan cita-citanya, warga Komunitas Kolese St. Ignatius dihadapkan pada tuntutan tugas yang terkait dengan perutusan belajar dan mengajar Teologi, serta pelayanan lainnya kepada jemaat dan masyarakat. Sehubungan dengan itu, komunitas Komunitas Kolese St. Ignatius harus menerima kenyataan bahwa setiap tahun selalu ada warga yang datang dan pergi. Oleh karena itu, diperlukan beberapa kesepakatan yang dapat dipakai sebagai pegangan untuk hidup bersama, agar sebagai komunitas, Komunitas Kolese St. Ignatius dapat tetap menjadi paguyuban “man for others”.

Studi teologi bertujuan untuk lebih mengembangkan kemampuan refleksi atas pengalaman iman dalam peristiwa–peristiwa kehidupan daripada sekedar mengumpulkan pengetahuan atau keterampilan. Sementara itu, pelayanan kerasulan diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berdialog dengan macam-macam orang dan menangani masalah-masalah budaya jaman sekarang ini. Di samping itu, kerasulan dimaksudkan untuk membina diri agar mampu menyelami dan memahami dambaan serta suka duka atau derita orang-orang di sekitarnya. Karya-karya kerasulan itu sendiri diharapkan akan mampu menunjang studi serta pembentukan pribadi para penghuni Komunitas Kolese St. Ignatius pada umumnya, lewat kegiatan-kegiatan yang tetap maupun yang insidental, selaras dengan kebutuhan Gereja dan masyarakat.