Lomba Cipta Lagu

Tema : “Hidup Beragama di tengah Tantangan Kemiskinan, Radikalisme Agama, dan Perusakan Lingkungan Hidup”

A. Peserta
1. Lomba ini terbuka untuk umum, dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan melalui fotokopi kartu identitas yang berlaku (KTP, SIM, Paspor, Kartu Pelajar), minimal pelajar SMA/Sederajat, dengan usia minimum 16 tahun.
2. Peserta terbagi dalam 2 kategori, yaitu: a. Perseorangan b. Kelompok/Grup (Terdiri dari minimal 3 orang dan maksimal 5 orang)
Catatan : Peserta perseorangan tidak dapat mengikuti kategori Kelompok/Grup; demikian sebaliknya peserta Kelompok/Grup tidak dapat mengikuti katagori Perseorangan. Jika melanggar ketentuan ini yang bersangkutan akan di diskualifikasi atau dikeluarkan dari keikutsertaan lomba.

B. Lagu ciptaan
1. Lagu harus merupakan karya asli dengan mencerminkan perhatian atau keprihatinan terhadap masalah-masalah atau tantangan kemiskinan, radikalisme agama dan/atau perusakan lingkungan hidup.
2. Lagu harus memperhatikan nilai-nilai sopan santun dan tidak merupakan kata-kata yang kasar serta tidak berbau SARA atau menyindir golongan tertentu.
3. Jenis musik yang dipilih tidak dibatasi; bisa bergaya pop, jazz, rock, dangdut, reggae, ska, dll.
4. Tempo lagu disesuaikan dengan irama dan jiwa lagu.
5. Karya lagu boleh merupakan hasil karya lebih dari 1 (satu) orang
6. Satu Karya Lagu memiliki durasi waktu kurang lebih 3 (tiga) sampai 6 (enam) menit.
7. Setiap peserta baik perseorangan maupun kelompok/grup hanya diperkenankan mengirimkan maksimal 2 lagu ciptaan dalam 1 keping CD (atau mengirimkan soft copy kepada panitia)
8. Karya lagu bukan merupakan hasil jiplakan.
9. Karya yang diikutsertakan merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan atau direkam, tetapi diperbolehkan yang pernah ditampilkan atau dinyanyikan pada lingkup terbatas.

C. Pendaftaran dan Pelaksanaan Lomba
1. Pendaftaran Festival dan Lomba Cipta Lagu ini dibuka tanggal 15 Januari dan ditutup tanggal 30 April 2013.
2. Pendaftaran tidak dipungut biaya apa pun (Gratis)
3. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran online berikut ini
4. Pengumpulan hasil karya dilakukan dengan dua tahap, yaitu: Hardcopy berupa 1 keping CD yang diberi keterangan judul lagu di bagian depan, ke alamat:

Kolese St. Ignatius
Jalan Abubakar Ali, No. 1, Yogyakarta 55224

Mohon untuk mencantumkan tulisan >>Lomba Cipta Lagu HUT 90 Tahun Kolsani<< di bagian pojok kanan atas amplop.

Softcopy berupa lagu dalam format MP3 dikirimkan via email ke kolsani18223ihs@gmail.com
5. Para finalis dan pemenang lomba akan diumumkan pada suatu hari antara tanggal 1-20 Mei 2013 melalui http://www.ihs.provindo.org

Catatan: 5 finalis akan diminta menampilkan lagu ciptaannya pada waktu pengumuman kejuaraan dan pembagian hadiah yang dilaksanakan di Kolese St. Ignatius, Jl. Abubakar Ali No. 1 Jogjakarta. Bagi 5 orang finalis yang diminta menampilkan hasil karyanya, dimohon untuk menyertakan fotocopi notasi balok lagu ciptaannya. Teknis pengumpulan notasi balok dilakukan setelah pengumuman juara lomba. Karena penilaian lebih menekankan unsur syair dan melodi lagu yang diciptakan dan bukan pada unsur penampilan (cara membawakan lagu), maka saat penampilan bukanlah saat untuk melombakan kelima finalis. Urutan pemenang sudah ditentukan sebelum penampilan para finalis.

D. Hadiah
Juara I : Rp 2.000.000, sertifikat, dan souvenir
Juara II : Rp 1.500.000, sertifikat, dan souvenir
Juara III : Rp 1.000.000, sertifikat, dan souvenir

E. Lain-lain
1. Dewan Juri berasal dari Ignatius House of Studies (IHS). Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat. Lagu yang terpilih menjadi juara akan menjadi milik/hak IHS.
2. Untuk pementasan para finalis Panitia hanya menyediakan sound system, keyboard dan gitar akustik, selebihnya Peserta dapat membawa peralatan sendiri.

INFORMASI LOMBA: 085799020312 atau (0274) 588283, 562233 atau http://www.ihs.provindo.org