Lomba Karya Tulis Ilmiah

Tema : “Hidup Beragama di tengah Tantangan Kemiskinan, Radikalisme Agama, dan Perusakan Lingkungan Hidup”

A. Sub Tema

1. Hidup beragama di tengah tantangan kemiskinan yang makin kompleks, terutama di Indonesia
2. Hidup beragama di tengah fenomena radikalisme agama yang menguat, baik di Indonesia maupun di dunia global
3. Hidup beragama di hadapan masalah perusakan lingkungan hidup yang makin luas dan mengancam kelangsungan hidup bersama secara lokal dan global.

B. Ketentuan Peserta

1. Lomba ini terbuka untuk umum, dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan melalui fotokopi kartu identitas yang berlaku (KTP, SIM, Paspor, Kartu Pelajar), minimal pelajar SMA/Sederajat, dengan usia minimum 16 tahun.
2. Bagi peserta mahasiswa, merupakan mahasiswa aktif perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia. Status mahasiswa aktif dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa.
3. Ada dua macam tipe peserta, yakni perorangan dan tim. Jika bergabung dalam tim, maka anggota terdiri dari minimal 2 (dua) orang dan maksimal 3 (tiga) orang dan maksimal 1 (satu) orang dosen/guru/pembimbing dari sekolah/perguruan tinggi yang sama. Para peserta dalam tim, baik pelajar, mahasiswa maupun dosen, boleh berasal dari jurusan yang berbeda tapi harus dalam satu sekolah/perguruan tinggi.
4. Setiap sekolah/perguruan tinggi dapat mengirimkan lebih dari satu tim. Setiap pelajar/mahasiswa hanya diperbolehkan menjadi ketua pada satu tim saja.
5. Setiap tim hanya diperbolehkan mengirimkan 1 karya.

C. Ketentuan Karya Tulis

1. Panjang karya tulis adalah antara 4.000 sampai 5.000 kata dan disusun dalam bahasa Indonesia sesuai EYD, serta diketik dua spasi.
2. Kadar keilmiahan karya tulis tergantung dari originalitas argumen serta kekuatan pembuktian argumen ini, baik lewat penelitian lapangan (field work), laboratorium, ataupun dukungan studi pustaka.
3. Karya tulis yang memakai pendekatan interdisipliner akan mendapatkan nilai tambah yang lebih besar.
4. Sejauh diperlukan, karya tulis juga boleh disertai ilustrasi (grafis, foto, peta, skema dan lain-lain).

D. Ketentuan Kompetisi

1. Setiap peserta wajib mengisi formulir pendaftaran secara online yang dapat diakses di sini

2. Karya tulis dikirim dalam bentuk hardcopy dan softcopy.
a. Hardcopy dikirim rangkap tiga disertai dengan tulisan LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KOLSANI Penyerahan hardcopy Karya Tulis Ilmiah disertai dengan fotocopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) masing-masing anggota (1 buah) dan foto ukuran 3×4 (1 lembar) serta form pernyataan orisinalitas karya yang dapat didownload di sini Hardcopy Karya Tulis Ilmiah peserta paling lambat dikirim pada tanggal 30 April 2013 (cap pos), dan dikirimkan ke alamat panitia lomba Kolsani

Kolese Santo Ignatius

Jalan Abubakar Ali No. 1, Yogyakarta 55224

Mohon untuk mencantumkan >>Lomba Karya Tulis Ilmiah HUT 90 Tahun Kolsani<< di bagian pojok kanan amplop

b. Softcopy dikirim dengan format Microsoft Word (.doc atau .docx) melalui email kolsani18223ihs@gmail.com. Karya tulis dikirim dengan menyertakan Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) masing-masing anggota (1 buah) dan foto ukuran 3×4 (1 lembar).

3. Peserta yang mengirimkan Karya Tulis Ilmiah melalui e-mail, harus memberikan konfirmasi ke panitia melalui sms ke nomor 085799020312.
5. Semua peserta yang mengirimkan karya tulis akan mendapatkan sertifikat
6. Karya adalah karya sendiri/orisinil dari mahasiswa yang bersangkutan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media manapun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, belum pernah dipresentasikan dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun.
7. Pengurangan penilaian dan diskualifikasi akan dilakukan apabila terjadi pelanggaran dan kecurangan selama mengikuti lomba ini.
8. Dewan juri terdiri dari berbagai kalangan, yaitu: Jurnalis, ahli teologi dan filsafat, serta penulis buku
9. Para pemenang yang terpilih merupakan peserta yang memiliki nilai tertinggi hasil kumulatif dari penilaian karya tulis.
10. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

E. Lain-lain 1. Dewan Juri akan menetapkan tiga pemenang dengan hadiah sebagai berikut: Juara I : Rp 2.000.000, sertifikat, dan souvenir Juara II : Rp 1.500.000, sertifikat, dan souvenir Juara III : Rp 1.000.000, sertifikat, dan souvenir 2. Tiga karya ilmiah terbaik akan dimuat dalam majalah BASIS dan atau ROHANI dalam edisi-edisi di tahun 2013.

INFORMASI LOMBA: 085799020312 atau (0274) 588283, 562233