Kegiatan Ad-Ekstra

Bagi para teologan Ignatius House of Studies tersedia pelbagai kegiatan ekstrakulikuler sebagai kegiatan kerasulan dengan bimbingan para formator, dan dikoordinasikan oleh P. Prefek Ekstrakulikuler. Karya kerasulan yang menjadi tanggung jawab Kolese St. Ignatius antara lain:

  1. Yayasan Sosial Sugiyapranata (YSS), yaitu kerasulan khusus untuk menolong dan membina orang-orang miskin dan gelandangan di Yogya dan sekitarnya. Karya ini dibawah koordinasi SPM (Seksi Pengabdian Masyarakat).
  2. Majalah “Rohani”, yaitu karya penerbitan khusus bagi para biarawan/biarawati dan imam untuk menyegarkan serta meningkatkan kerohanian mereka dengan bacaan bermutu. Karya ini secara administratif dikelola oleh Penerbit/Percetakan Kanisius. Para teologan lebih membantu sebagai staf redaksi.

Kegiatan ekstrakulikuler lain yang dijalankan selaras dengan kebutuhan di luar dan kemampuan para penghuni Ignatius House of Studies adalah:

  1. Mengajar di Universitas Sanata Dharma, UGM, dan Perguruan Tinggi lainnya.
  2. Aksi solidaritas dan Aksi Sosial Kemasyarakatan.
  3. Membimbing rekoleksi atau retret kaum muda, remaja, pelajar, dan mahasiswa.
  4. Mendampingi kelompok-kelompok mahasiswa dan kegiatan-kegiatan pembinaan kader awam, seperti CLC, LKTD dan sebagainya.
  5. Kerasulan karang-mengarang dan publikasi.

Setiap teologan memilih kegiatan ekstrakulikuler sesuai dengan kebutuhan kerasulan yang ada, minat serta kemampuannya, dan kemudian membicarakannya dengan P. Prefek Ekstrakulikuler. Demikian juga dengan permintaan dari luar untuk memberikan rekoleksi, retret, dan pendampingan harus dibicarakan dengan P. Prefek Ekstrakulikuler. Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler hendaklah sungguh mendukung hidup studi dan refleksi teologis. Maka perlu diadakan refleksi dan evaluasi kegaiatan ekstrakulikuler secara berkala sekurang-kurangnya sekali dalam satu semester. Pedoman waktu yang digunakan ialah satu hari dalam seminggu (sudah termasuk waktu untuk persiapan dan perjalanan). Lebih dari itu hendaklaha dibicarakan dengan P. Prefek Ekstrakulikuler.