Profil Perpustakaan Kolese St. Ignatius

perpustakaanPerpustakaan Kolese St. Ignatius terletak di Jl. Abubakarali 1, Kotabaru, Yogyakarta, berdiri pada tahun 1923 yang pada awalnya merupakan perpustakaan yang sifatnya intern, dimaksudkan hanya untuk kalangan sendiri yakni para pastor dan calon pastor, khususnya ordo Serikat Yesus yang tinggal pada rumah studi Kolese St.Ignatius. Seiring dengan berjalannya waktu, perpustakaan kemudian dibuka untuk umum dengan pemikiran agar buku-buku yang dimiliki dapat pula digunakan oleh masyarakat umum.

Koleksi buku yang terdapat di Perpustakaan Kolese St. Ignatius sekitar kurang lebih 150.000 buku yang diperoleh antara lain dari: pembelian, hadiah, tukar menukar dan lain sebagainya. Sebagian besar buku-buku yang dimiliki Perpustakaan Kolese St. Ignatius adalah buku-buku teologi terutama teologi agama Katolik. Disamping itu terdapat pula buku-buku teologi agama Islam, sejarah kebudayaan Indonesia dan dunia, filsafat, sosiologi, komunikasi, bahasa dan sastra.

Pengunjung dapat mengakses buku-buku tersebut dengan dibaca di Ruang Baca maupun dipinjam. Sistim penomoran buku-buku di Perpustakaan Kolese St. Ignatius diciptakan seorang pastor yang bernama Pater Van de Bercken. Sistim penomoran sangat sederhana, yaitu angka – huruf – angka. Angka depan menunjukkan nomor klasifikasi (pengelompokan tema), sedangkan huruf menunjukkan tinggi-rendahnya buku (ini berhubungan dengan penghematan tempat dalam penataan buku pada almari), sedangkan nomor di belakang memperlihatkan bahwa buku tersebut; dengan klasifikasi sekian serta ketinggian huruf tertentu; berada pada urutan yang kesekian.

Pengerjaan perpustakaan pada awalnya dilakukan secara manual dengan mengetik seluruh informasi buku pada kartu kartotik dengan urutan: pengarang, penunjuk, rubrik, nomor stand, seri, dan juga mengetik kartotik kata kunci untuk memudahkan pencarian. Baru mulai tahun 1990-an semua kartotik diinput ke dalam komputer dengan menggunakan Program Foxpro sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari buku melalui komputer. Para pengunjung bisa mencari buku dengan mengetik nama pengarang, judul buku atau artikel, katakunci, person, Kitab Suci, seri, majalah dll.