Pelayanan Pengunjung Perpustakaan Kolese St. Ignatius

PerpusJam kunjung perpustakaan

Perpustakaan Kolese St. Ignatius melayani pengunjung dari hari Senin hingga Sabtu dengan ketentuan jam pelayanan sebagai berikut:
Senin – Jumat : 08.00-13.00
Sabtu : 08.00-11.00

 

Siapa yang boleh berkunjung?

Seluruh anggota masyarakat boleh mengakses buku-buku yang terdapat di Perpustakaan Kolese St. Ignatius ini dengan bebas namun ada ketentuan khusus yang diberlakukan bagi peminjaman buku. Pengunjung yang diperbolehkan meminjam buku adalah mahasiswa dari beberapa jurusan pada universitas tertentu, yakni:

  1. Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan
  2. Mahasiswa Universitas Sanata Dharma jurusan Ippak (Ilmu Pendidikan kekhususan Pendidikan Agama Katolik) dan Teologi
  3. Mahasiswa Program S2 Universitas Sanata Dharma (Teologi, Ilmu Religi dan Budaya, Kajian Bahasa Inggris)
  4. Mahasiswa Program S2 Teologi Universitas Kristen Duta Wacana
  5. Mahasiswa Program CRCS (Cross religion and Cultural Studies) Universitas Gadjah Mada

Sedangkan pengunjung lainnya dapat membaca buku yang dibutuhkan di Ruang baca ataupun memfotokopi apabila sekiranya diperlukan. Beberapa aturan di Ruang Baca, adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga ketenangan, artinya: tidak ngobrol atau diskusi dan tidak mengaktifkan atau men-silent handphone, tidak menerima panggilan telpon di ruang baca.
  2. Merawat buku-buku dan majalah, artinya: tidak mencorat-coret majalah atau buku milik perpustakaan, tidak menyobek lembaran majalah atau buku milik perpustakaan, dan tidak melipat/menekuk lembaran majalah atau buku milik perpustakaan
  3. Bersedia menerima teguran dan sanksi staf perpustakaan jika saya tidak memenuhi kesepakatan tersebut

Tata-cara kunjungan para pengunjung

  1. Pengunjung diwajibkan mengisi Buku Tamu yang tersedia di pintu depan (portir).
  2. Setelah masuk ke perpustakaan, pengunjung wajib menyerahkan tanda pengenal (bagi yang belum punya kartu anggota) atau kartu anggota (bagi yang telah memiliki kartu anggota).
  3. Pengunjung dapat mengakses katalog buku, jurnal dan majalah pada komputer yang tersedia untuk mencari buku-buku, jurnal, atau majalah yang diperlukan dengan menggunakan bantuan yang terdapat pada program komputer.
  4. Pengunjung dapat mencari buku-buku yang dibutuhkan dengan mengetikkan nama pengarang, judul buku, person (person disini bukanlah nama pengarang, namun nama tokoh tertentu yang dicari, misalkan, pengunjung hendak mencari semua hal berkaitan dengan tokoh Abdurrahman Wahid, maka pada kolom person diketikkan nama Abdurrahman Wahid dan akan keluar semua buku yang dikarang beliau maupun buku/jurnal yang membahas beliau dan ajaran/pemikirannya), kata kunci (mis. tentang kejawen, maka pengunjung tinggal mengetik kata kejawen), Kitab Suci (apabila hendak mencari yang berhubungan dengan kitab-kitab dalam kitab suci), buku seri, jurnal majalah dll. Di sini pengunjung bisa mencetak dengan kertas yang tersedia secara gratis.
  5. Setelah menemukan buku yang dibutuhkan, pengunjung mengisi blangko Pesan Buku yang tersedia. Setelah itu petugas akan mengambilkan buku yang dibutuhkan (apabila buku yang dimaksud tersimpan di basement/gudang buku) atau pengunjung dapat mengambilnya sendiri apabila buku tersebut berada di Ruang Baca.
  6. Apabila pengunjung akan meminjam buku untuk dibawa pulang, pengunjung wajibmengisi blanko kartu pinjam yang berwarna biru. Lama peminjaman buku adalah satu bulan dengan jumlah maksimal buku yang dapat dipinjam adalah sebanyak 5 buah. Keterlambatan pengembalian akan dikenai denda sebesar Rp. 250,- per buku per hari.
  7. Bagi pengunjung yang tidak dapat membawa pulang buku perpustakaan, perpustakaan menyediakan fasilitas fotokopi namun pengunjung tidak diperkenankan untuk memfotokopi seluruh buku, hanya diperbolehkan memfotokopi artikel yang dibutuhkan.

Fasilitas perpustakaan

  1. Ruang Baca ber-AC dengan dilengkapi Buku-Buku Refrensi, Majalah, dan Display Buku Baru
  2. Ruang Sirkulasi yang luas dengan Ruang Tunggu yang nyaman dan pelayanan yang ramah, juga Non-Smoking Area
  3. Katolog Perpustakaan yang bisa diakses dengan banyak komputer
  4. Pelayanan Foto Copy

Keanggotaan perpustakaan

Untuk dapat mengakses buku pada Perpustakaan Kolese St. Ignatius, pengunjung diwajibkan untuk membuat kartu anggota dengan menyerahkan pasfoto 2×3 1 lembar, serta menyerahkan uang jaminan sebesar Rp. 10.000,-. Uang jaminan ini akan dikembalikan apabila pengunjung tidak lagi menggunakan hak dan kewajibannya sebagai anggota Perpustakaan Kolese St. Ignatius dan menyerahkan kembali kartu anggota yang dimiliki. Kartu anggota sendiri berlaku untuk seterusnya tanpa harus diperbaharui setiap waktu.