Pengobatan Gratis : Peringatan 90 Tahun Kolese St. Ignatius

BaksosMinggu, 25 Agustus 2013, kami keluarga besar Kolese St. Ignatius (Kolsani) menyelenggarakan kegiatan bakti sosial yaitu Pengobatan Gratis. Kegiatan ini kami selenggarakan di dua lokasi dalam waktu yang bersamaan yakni pukul 09.00 – 12.00.

Lokasi pertama adalah di Pendopo Magersari, Jalan Krasak, Yogyakarta. Sasaran bakti sosial di lokasi ini adalah warga di RW 04 Kelurahan Kotabaru, wilayah satu RW dengan Kolsani. Pengobatan Gratis ini menjadi salah satu wujud kepedulian kepada lingkungan terdekat kami serta ungkapan syukur kami atas 90 tahun berdirinya Kolese St. Ignatius di tengah-tengah masyarakat. Dalam bakti sosial di lokasi ini, kami bekerjasama dengan beberapa pihak yaitu Rotary Club of Yogya Tugu yang melayani pemeriksaan umum serta cek gula darah. Selain itu ada juga para frater dari Seminari Tinggi Claretian (CMF) yang membantu memberikan pelayanan pijat refleksi. Antusiasme warga cukup besar pada kegiatan ini, selama tiga jam tercatat 107 warga hadir untuk memperoleh fasilitas pelayanan yang kami sediakan.

Lokasi kedua adalah di Lapangan Bulutangkis Gemblakan Bawah, Jalan Mataram (belakang SPM Realino). Lokasi ini berada di salah satu kampung bantaran Kali Code. Pengobatan Gratis yang diselenggarakan di lokasi ini merupakan perwujudan kepedulian Kolese St. Ignatius terhadap warga sekitar Kali Code. Fasilitas pelayanan kesehatan yang terdapat di lokasi ini meliputi pemeriksaan umum dan cek gula darah yang dilayani oleh Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Ada pula fasilitas akupunktur dari para terapis dari Gresik. Warga sekitar menyambut dengan baik adanya kegiatan pengobatan gratis ini, sampai dengan pukul 12.00 tercatat 127 orang yang datang. Di kedua lokasi bakti sosial ini, kami juga dibantu oleh para rekan-rekan muda yang tergabung dalam Orang Muda Katholik (OMK) St. Antonius Kotabaru. Mereka turut membantu dalam proses pendaftaran pasien.

Tentu saja, kegiatan yang kami selenggarakan kemarin tidak dapat berjalan dengan lancar tanpa dukungan dari para warga sekitar, para ketua RT dan RW setempat, para ketua lingkungan di wilayah Paroki St. Antonius Kotabaru, serta para pihak yang menjalin kerjasama dengan kami. Semoga ke depannya, Kolese St. Ignatius semakin lebih baik dalam peran dan keterlibatannya bagi Gereja dan masyarakat!