Pembukaan Rangkaian Acara 100 tahun Kolese St. Ignatius Yogyakarta

Ber-Teologi Publik: Membawa Iman dalam Kenyataan

Pada tanggal 24 September 2022 komunitas Kolsani membuka serangkaian acara peringatan 100 tahun Kolsani yang jatuh di tahun 2023 nanti. Acara pembukaan 100 tahun tersebut diadakan di Kolsani dengan mengundang orang-orang muda lintas iman. Rangkaian acara 100 tahun Kolsani dibingkai dengan tema “Teologi Publik”. Melalui tema tersebut Kolsani ingin merefleksikan kembali peran dan keterlibatannya dalam ruang-ruang publik yang luas. Sejak semula kehadiran Kolsani disadari bukan saja untuk menghasilkan para imam Jesuit yang terlibat di dalam Gereja, tetapi juga bagi kepentingan publik yang lebih luas.

Rm. Ignasius Aria Dewanto, SJ rektor Kolsani secara resmi membuka rangkaian acara 100 tahun. Dalam sambutannya Rm. Aria mengajak orang-orang muda yang hadir untuk bersama-sama sebagai anak-anak bangsa turut memperjuangkan kebaikan bersama sebagai bentuk ber-teologi publik. Sementara itu, Rm. Antonius Sumarwan, SJ sebagai koordinator 100 tahun Kolsani menegaskan salah satu ajakan dari peringatan 100 tahun Kolsani untuk menemukan bentuk perjumpaan antara iman dengan realitas yang terjadi di masyarakat.

Acara pembukaan juga diisi dengan talkshow yang mengundang perwakilan orang muda dari gerakan lintas iman YIPC (Youth Interfaith Peace Camp) Jogja dan volunteer Perkampungan Sosial Pingit. Mereka berbagi pengalaman tentang motivasi dan bentuk keterlibatan sebagai orang muda dalam kegiatan lintas iman maupun gerakan sosial. Obrolan santai orang-orang muda ini kemudian diperdalam lagi melalui refleksi dari Rm. Bambang Irawan, SJ mengenai makna keterlibatan dan gerakan sosial orang muda.

Berikut ini adalah rangkaian acara 100 tahun Kolsani:

Tanggal 24 September 2022 diadakan “Launching rangkaian acara 100 tahun Kolsani” dan Talkshow bersama dengan orang-orang muda yang terlibat dalam gerakan sosial di Perkampungan Sosial Pingit dan gerakan dialog lintas iman YIPC Jogja.

Selama kurang lebih satu semester ke depan para frater Kolsani didampingi oleh para dosen teologi yang tinggal di Kolsani akan melakukan penelitian akademik mengenai Teologi Publik. Penelitian ini melibatkan dua komunitas orang muda sebagai objek penelitian, yaitu volunteer Perkampungan Sosial Pingit dan komunitas YIPC.

Panitia juga akan menyiapkan dokumentasi dan liputan khusus peringatan 100 tahun Kolsani dalam bentuk video. Dokumentasi ini berisi perjalanan Kolsani dari awal berdirinya hingga usianya yang ke-100 serta kesaksian dari para alumni Kolsani, mereka yang pernah mengenal dan bekerja sama dengan Kolsani.

Pada bulan Oktober dan November 2022 akan diakan bakti sosial bagi warga masyarakat sekitar Kolsani. Kehadiran Kolsani di antara warga masyarakat di sekitar juga membentuk wajah Kolsani yang terbuka dan berbela rasa. Bentuk kegiatannya antara lain:  donor darah, pembagian sembako, pengobatan gratis, dan kerja bakti bersama warga masyarakat serta melibatkan orang-orang muda.

Pada bulan Oktober hingga Desember 2022 dibuka berbagi perlombaan bagi orang-orang muda. Di antaranya: lomba fotografi, lomba cover lagu, lomba poster, dan lomba cerpen.

Pada 18 Februari 2023 bersamaan dengan peringatan tanggal diresmikannya Kolsani oleh Superior Misi SJ waktu itu (P. J. Hoeberechts, SJ) akan diadakan Tahbisan Imam Serikat Jesus. Bersama dengan Gereja dan Serikat Jesus Kolsani ingin bersyukur atas para imam yang mengalami formasi di Kolsani.

Rangkaian acara 100 tahun Kolsani akan ditutup dengan Misa Syukur Puncak Perayaan 100 tahun di Gereja St. Antonius Padua Kotabaru, pada 14 April 2023. Kemudian disusul dengan Pesta Malam Puncak di dalam kompleks Kolsani pada 15 April 2023.

Melalui rangkaian kegiatan 100 tahun ini Kolsani ingin terus melanjutkan keterlibatannya dalam persoalan publik yang lebih luas, bersama dengan pihak-pihak yang lain berkehendak baik dalam memperjuangkan kebaikan bersama. Keterlibatan para nostri dan seluruh pihak yang mengenal Kolsani akan sangat berarti untuk mendukung perayaan syukur 100 tahun Kolsani. Semoga seluruh keterlibatan kita juga menumbuhkan keberanian kita untuk membawa iman dalam kenyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *